Put your link here,. And i will follow your blog!` TQ

Tuesday, November 30, 2010

Jenis jenis berry!~






Inilah Jenis-Jenis Buah Berry

Dunia ini dikaruniai Tuhan dengan begitu banyak ciptaan tumbuh-tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang buahnya menjadi sumber makanan manusia adalah tumbuhan dengan kata ‘berry’ di belakang namanya. Ada berapa ‘berry’ sebenarnya di dunia ini?


1.Bilberry:

Bilberry yang bernama latin Vaccinium sp., banyak tumbuh liar pada tanah lembab dan sedikit asam di daerah subtropis yang terletak di 23,5° - 66,6° LU utamanya seperti di Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Skandinavia, Polandia, Austria, Swiss, dan Russia. Bilberry berwarna biru tua kehitaman dengan daging buah merah atau ungu berasa manis. Umumnya diameter Bilberry 5 – 8 mm. Sebagai tumbuhan liar, maka setiap orang dapat memetik Bilberry untuk keperluan dimakan langsung ataupun dibuat selai, kue, atau jus. Selain itu, Bilberry yang kaya akan kandungan pigmen anthocyanin sudah diteliti untuk tujuan pengubatan seperti pengubatan mata, jantung dan kanser.

2.Blackberry:

Blackberry yang memiliki nama latin Rubus sp., tumbuh di belahan bumi utara tidak hanya di tanah subur bahkan di tanah yang kurang subur, utamanya di wilayah subtropis seperti Amerika Utara dan Eropa. Sesungguhnya Blackberry merupakan kumpulan buah (etaerio) yang menempel satu sama lain seperti bergerombol berwarna hitam atau ungu tua, manis rasanya dengan panjang sekitar 130 mm. Budaya Blackberry yang terkenal adalah di Oregon, Amerika Serikat untuk pelbagai keperluan seperti buah pencuci mulut, selai, anggur dan bahan pembuat kuih. Blackberry kaya akan antioxidant berjenis polyphenol mahupun omega 3 yang baik menangkal radikal bebas dalam tubuh untuk pencegahan kanser, jantung koroner mahupun stroke.

3.Blueberry:

Blueberry yang masih termasuk keluarga Vaccinium memiliki nama sub keluarga lebih spesifik yaitu Cyannococcus, berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area sub tropis. Untuk membezakan dengan Billberry atau Huckleberry maka meskipun juga berasa manis, buah Blueberry masak isinya berwarna putih atau kehijauan sedangkan Billberry atau Huckleberry isi buahnya berwarna ungu semua. Hal lain yang membezakan adalah Blueberry berbuah dalam kelompok (cluster) sedangkan Bilberry hanya satu atau dua pada satu tangkainya. Ukuran Blueberry antara 5 – 16 mm dengan adanya bentuk seperti mahkota di ujung buahnya. Meskipun berasal dari Amerika Utara, Blackberry sudah dibudayakan di Australia, New Zealand dan negara-negara Amerika Selatan. Negara bagian Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia. Blueberry digunakan sebagai buah pencuci mulut, jus, selai, berbagai kuih dan jelly. Berdasarkan penelitian terakhir pada Bluebery, kandungan antioxidant polyphenol dan anthocyanin yang kaya mampu mencegah perkembangan kanser, jantung koroner dan stroke.

4.Cranberry:

Cranberry termasuk tumbuhan semak yang juga termasuk keluarga Vaccinium yang menggunakan nama latin Oxycoccos sebagai nama sub keluarganya. Nama Cranberry diambil dari nama burung Crane yang bentuk leher dan kepalanya seperti kelopak bunga Cranberry. Tanaman ini tumbuh di tanah lembab sedikit asam yang banyak tersebar di bumi belahan utara. Diameter buah Cranberry berkisar 6 – 18 mm, apabila masak berwarna merah dan berasa keasaman. Amerika Serikat merupakan produsen Cranberry terbesar di dunia dengan pasokan terbesar datang dari negara bagian Wisconsin. Budidaya Cranberry juga dilakukan di Chile, negara-negara Balkan dan Eropa Timur. Cranberry banyak digunakan sebagai sos makanan, jus dan manisan, ada juga yang membuatnya sebagai pencuci mulut. Selain mengandung antioxidant polyphenol, Cranberry juga mengandung alkaloids semisal anthocyanidin, cyanidin, peonidin dan quercetin yang berguna mencegah kancer. Jus Cranberry juga dipercaya dapat mencegah formasi batu ginjal.

5.Dewberry:

Dewberry merupakan tumbuhan yang berkeluarga dekat dengan Blackberry dan Raspberry. Tumbuhan ini banyak dijumpai di bumi belahan utara dan nama latin keluarganya adalah Rubus, sedangkan Eubatus dipakai sebagai nama sub keluarga. Buah Dewberry mirip dengan Raspberry iaitu bulat kecil bergerombol dengan diameter antara 15 – 20 mm, hanya warnanya bukannya merah tetapi ungu kehitaman. Berbeza dengan Blackberry yang dapat tumbuh menjalar tegak, Dewberry tumbuh menjalar di permukaan tanah kerana tidak memiliki dahan yang kuat untuk posisi vertikal menahan berat tumbuhan. Buah Dewberry rasanya manis, sering dibuat selai dan daunnya juga dapat digunakan menjadi teh. Dewberry belum dibudidayakan sehingga masih dianggap sebagai tumbuhan liar yang buahnya dapat dipetik siapa saja.

6.Huckleberry:

Huckleberry adalah nama yang populer di Amerika Serikat khususnya di negara bagian Idaho untuk tumbuhan yang juga termasuk keluarga Vaccinium atau keluarga Gaylussacia. Tanaman ini tumbuh baik di tanah keasaman dan lembab. Buah tanaman Huckleberry umumnya dapat dimakan, berdiameter sekitar 5 mm dan bergerombol rata-rata 10 buah pada satu tangkai. Warna buah berbeza sesuai jenis tanamannya berkisar dari merah cerah, ungu tua hingga biru. Rasa buah Huckleberry beragam mulai dari asam hingga manis dengan flavor seperti Blueberry terutama varietas yang buahnya berwarna biru atau ungu.

7.Lingonberry:

Lingonberry yang berasal dari kata Swedia : Lingon adalah tanaman dari jenis Vaccinium vitis-idaea yang mempunyai beberapa nama lain iaitu Cowberry, Foxberry dan Redberry. Tumbuhan ini hidup pada tanah berjenis asam dan lembab di daerah boreal belahan bumi utara yaitu Eropa terutama populer di Swedia dan Amerika Utara yang beriklim subartik. Tanaman ini belum dibudidayakan jadi masih dipandang sebagai tanaman liar sehingga buahnya dapat dipetik orang banyak. Rasa buah Lingoberry umumnya asam sehingga perlu dimasak dan diberi gula agar rasanya manis dalam bentuk selai, jus atau sirup. Buah Lingoberry mengandung banyak asam organik serta beberapa vitamin seperti Vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin B (B1, B2 , dan B3).

8.Mulberry:

Mulberry merupakan tanaman pohon yang berbeza dari berry kebanyakan yang merupakan tanaman semak. Tinggi pohon Mulberry sekitar 10-15 meter dan hidup di area subtropik di Afrika, Asia dan Amerika. Mulberry atau yang dikenal juga dengan nama Murbai adalah tanaman dari keluarga Moraceae berjenis Morus. Beberapa jenis Mulberry adalah Morus alba di daerah Asia Timur, Morus mesozygia di Afrika Selatan dan Tengah, Morus rubra di Amerika Utara, serta Morus insignis di Amerika Selatan. Buah Mulberry merupakan buah jamak yang bergerombol dengan panjang 2 – 3 cm berwarna ungu tua hingga hitam saat masak serta berasa manis. Mulberry sudah banyak dibudayakan tidak hanya untuk diambil buahnya sebagai selai, minuman dan bahan kue tetapi juga daunnya sebagai makanan ulat sutra (Bombyx mori). Kandungan anthocyanin dalam Mulberry ternyata banyak manfaatnya bagi kesihatan dengan fungsi sebagai antioxidant.

9.Raspberry:

Raspberry adalah tanaman semak yang dapat tumbuh di berbagai area di dunia. Nama keluarga tanaman ini adalah Rubus. Jenis Raspberry yang dibudidayakan secara komersial adalah yang buahnya berwarna merah (Rubus strigosus) dan hitam (Rubus occidentalis). Untuk menghasilkan rasa yang baru maka tanaman Raspberry disilangkan dengan tanaman Blackberry dan diberi nama Tayberry. Buah Raspberry yang matang berwarna merah, hitam, ungu atau kuning keemasan sepenuhnya tergantung jenisnya dan rasanya manis. Berbeda dengan berry lainnya, buah Raspberry memiliki rongga di tengah setelah diambil tangkainya dengan berat sekitar 4 g/buah. Pemanfaatan Raspberry adalah untuk selai, buah segar dan jus. Selain itu Raspberry juga banyak mengandung Vitamin C, polyphenol antioxidant serta anthocyanin yang bermanfaat bagi kesihatan manusia.

10.Strawberry:
 
Strawberry merupakan berry yang paling terkenal dari semua berry dan termasuk tanaman semak yang nama keluarganya adalah Fragaria. Nama Strawberry diduga berasal dari kata Straw dalam bahasa Inggris yang menunjuk praktek pemberian jerami sebagai mulsa pada tempat tumbuh tanaman ini agar tidak busuk. Sedangkan nama latin Fragraria menunjuk pada kata fragran yang bererti aroma kerana buah tanaman ini beraroma. Tanaman ini sudah dibudayakan secara luas di area subtropik berbagai belahan bumi. Melalui persilangan jenis tanaman ini dihasilkan berbagai jenis Strawberry baik dari ukuran, warna, bentuk dan rasanya. Sebagai contoh, Strawberry jenis Fragaria virginiana dari Amerika Utara dikenal dengan aromanya yang baik sedangkan jenis Fragaria chiloensis dari Chili dikenal dengan ukurannya yang besar. Pemanfaatan buah ini sangat luas baik langsung dimakan sebagai buah segar mahupun diolah menjadi berbagai bahan makanan seperti kue, ais krim, roti, selai, jus, atau flavor makanan lainnya. Buah Strawberry adalah sumber terbaik flavonoid dan Vitamin C yang bermanfaat bagi kesihatan manusia.

11.Goji berry:

Goji Berry adalah nama Cina untuk ini berry yang popular di Tokyo. Makanan kesihatan kerana banyaknya manfaat kesihatan. Boleh dikatakan Goji berries adalah pusat kekuatan nutrisi. Goji Berry mengandung 18 asam amino, 22 mineral, serta 11 zat penting lainnya. Salah satu daripadanya banyak manfaat buah goji adalah liver perlindungan dan potensi untuk melawan kancer.
Sama seperti buah berry lainnya penggunaan Goji berry paling banyak adalah pada selai.

No comments:

Post a Comment